Membuat Template Joomla-1

Artikel ini sa copy-paste *sebagai reminder sa pribadi* dari id-joomla. Buatannya Mas Andy Sikumbang. Note, “saya” disini adalah Mas Andy ya, bukan saya :mrgreen:

Mengingat banyaknya permintaan atas tutorial membuat Template Joomla, berikut ini saya coba untuk sedikit sharing tentang bagaimana caranya membuat template Joomla. Karena keterbatasan waktu dan swadaya artkel artikel ini akan diterbitkan secara berseri.

Selamat menikmati 😛

Definisi Template Joomla dan Anatominya

Secara sederhana Template Joomla dapat didefinisikan sebagai sekumpulan file-file joomla yang berfungsi mengontrol bentuk perwajahan dari situs.
File-file ini terdiri dari:

  1. File Index.php yang berisi instruksi-instruksi program yang nantinya akan meramu semua komponen dan komposisi yang ada pada Joomla dan kemudian menerjemahkannya kedalam sebuah tampilan website sesuai dengan keinginan.
  2. File template_css.css yang nantinya berfungsi untuk mendefinisikan fungsi-fungsi css yang nantinya akan dipakai untuk perwajahan situs. Biasanya disimpan kedalam sebuah folder dengan nama css
  3. File template_thumbnail.png yang berupa gambar berukuran kecil/snapshot dari template yang nantinya akan digunakan oleh template detail.xml untuk menampilkan mini preview template. Digunakan juga pada beberapa modul tertentu, misalnya modul pemilih template
  4. File templateDetails.xml yang nantinya digunakan sebagai file penyimpan informasi detail tentang template, sekaligus menyimpan instruksi-instruksi yang digunakan pada saat menginstall template pada Joomla. Dengan kata lain sebagai installernya template.

 

Image

File inti dengan ranting urutan direktorinya

Keempat file diatas adalah adalah file-file inti yang harus dimiliki sebuah template yang sempurna. Dengan hanya memiliki 4 file ini, kita sebenarnya sudah bisa membuat sebuah template yang baik dan indah sesuai standar minimum Joomla. Akan tetapi biasanya akan diperlukan file-file tambahan seperti file image/gambar, flash, javascript, bahkan tidak menutup kemungkinan juga penambahan file-file php yang nantinya digunakan sesuai dengan kebutuhan template itu sendiri. 

One thought on “Membuat Template Joomla-1

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s