Kuliah Yuuk..

Adalah sebuah keputusan yang kini diperdebatkan (lagi) di internal keluarga mengenai keputusan sa untuk kuliah lagi. Bagaimana tidak, dua adik yang masih bersekolah yang harus sa biayai sekarang ditambah sa pengen kuliah. Tapi kalo dinanti-nanti terus kaya dulu, kapan kuliahnya?!

Sa akhirnya akan berani mengambil langkah keras kepala. Dengan tantangan sa harus bisa ngebiayain adik-adik sa sekolah plus ngebiayain kuliah sa. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mamah adalah, “Nanti kalo kuliah, masih kerja? Itu motor kan harus dibayar, belum lagi si Udi bulanannya berapa. Belum si ade, sekarang bayarannya naek kan udah kelas 6”. Hmm..sejujurnya pertanyaan yang hampir serupa pernah sa dapet ketika dulu pengen kuliah di IPB jurusan Teknologi Industri Pertanian. Alasan akhirnya sa ga ambil IPB ya karena ortu ga ngizinin sa keluar Bandung, dengan alasa terkuat biaya hidup terkait biaya keseharian dan kuliah. Dulu sa coba yakinin mamah bahwa sa bisa ngatasin itu, tapi pada akhirnya kalah ketika disodorkan tanggung jawab terhadap kedua adik sa. Fiuh.

Kali ini tidak ada pilihan lain, memang sa harus belajar mencari nafkah halal untuk kebutuhan sehari-hari *bukan berarti selama ini nafkahnya ga halal ya 😆 *. Sa tetep pengen kuliah. Opsi ketika ngobrol sama Pak Rio salah satunya adalah Unikom. Dulu sempet dapet PMDK ke Unikom, cuma tersandung masalah klasik, dana. Fiuh. Jadi muslim emang harus kaya, kaya dan memberdayakan, bukan kaya memperdaya.

Mamah memang sedikit lebih longgar sekarang. Bapak..ga pernah mempermasalahkan dari dulu juga. Adik-adik kayanya enjoy aja asal mereka masih bisa sekolah meski hanya pas-pasan tak ada uang saku dsb, mereka ga banyak merengek. Hanya saja keadaan kedua adik sa memang ga seperti sa yang masih bisa hidup tanpa buku paket, tanpa harus les dsb..tapi itulah tantangannya. Sa hanya bisa mengajarkan hemat, syukur dan mudah-mudahan sabar. Khusus untuk adik kedua yang laki-laki *sekarang udah SMK*, untuk belajar mandiri. Sa hanya akan membayar 1/2 dari iuran bulanannya..bukan ga mau, gaji sa emang belum terlalu mencukupi, tapi bukan itu masalahnya..gaji itu bisa dicukup-cukupin tapi sa pengen dia belajar mandiri.

Satu-satunya pilihan ketika akhirnya kontrak sa kerja diputus karena memutuskan akan kuliah lagi ya berwirausaha, mencoba usaha yang selama ini tak serius dijalani *orang kan biasanya kreatif klo kepepet :mrgreen: *. Tapi berharap tetap dapat bekerja disini dan tetap bisa berwirausaha seperti angan dulu-dulu.

Tersemangati lagi ketika membaca *kemaren ketahuan uy sama istri Aa* wishlist sa, apakah itu wishlist tahun 2008 ini maupun wishlist 10 tahun yang akan datang yang akan terus diperbaiki.

Salah satu wishlist yang paling kuat adalah sa pengen membangun 3 buah bangunan pondasi bisnis sa, sekolah, rumah sakit, dan panti sosial. Jangan berpikiran negatif dulu, pondasi bisnis disini bukan menjadikan ketiganya komersil, bukan. Melainkan menjadikan umat berdaya dengan ketiganya. Dan itu adalah bisnis terbaik 🙂 .

ALLAH ar-Razzaq, Ia Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya. Ia yang memberikan rezeki pada sa dan keluarga. Sa hanya mampu berterima kasih kepada siapapun yang dengan izin ALLAH telah menjadi perantara rezeki itu sampai di tangan sa. Maaf jika belum bisa mengganti, namun insyaALLAH sa akan senantiasa memberikan yang terbaik yang sa mampu. Setidaknya ALLAH yang akan mengganti kebaikan temen-temen semua.

Jazakumullah khayr..

Iklan

3 thoughts on “Kuliah Yuuk..

  1. Subhanallah, banyak bukti dari orang-orang biasa dan mereka menjadi ‘luar biasa’ dengan kunci keyakinan dan keistiqamahan nya. kisah-kisah mereka telah merubah dunia.

    Teruslah berjuang!
    Positif Thinking & Positif Feeling!

    Bersyukurlah De, karena Allah telah menciptakan makhluk-Nya dengan sebaik-baiknya, dengan sempurna.
    Semoga diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Amiin

    =====
    Yup.. I will!!!

    Suka

  2. Assalamu’alaikum ww
    apa kabar Esa? msh ingat aku ga yg di langitcool.blogspot.com
    eh bbrp wkt lalu aku buka, kyknya mau pake joomla ya? kok ga jadi, ke wp lagi?
    oy ak salut cita2 dan semangat sa u trs maju. teruslah melangkah maju..btw tetaplah mencari keridhoan dari Ortu. ssguuhnya ridho Allah tergantung ridho Ortu. jd cb bicarakan baik2 hasrat sa..istilahnya pake negosiasi yg baik lah…biar dpt dua2nya. Semoga Allah senantiasa melapangkan rizki untuk kita. Amin.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    =====
    iya, masih. Btw, blog di plasanya bagus. Sy mah lupa lagi user dan pass..dan kmungkinan besar ga akan keurus 😆
    Soal web..sy belom ngotak-ngatik lagi yg Joomla, krn harus merubah file permissionnya dulu jd unwriteable
    :mrgreen:

    Suka

  3. Subhanallah! kayaknya saya harus banyak belajar dari adikku yang satu ini. Dibanding ade,..saya kalah jauh dalam perjuangan menghadapi kehidupan,..tapi insya allah,..nggak mau kalah terus ah..

    Semoga dimudahkan oleh Allah ya de!!! Masa depan cerah di depan mata,..hehe “Si jenius yang pantang menyerah!!!”

    =====

    Si jenius yang pantang menyerah!!!

    Amin. Syukran jazilan dah selalu dukung ade..

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s