Situs Geratisan

Hmm, kemarin bikin atau tepatnya mendaftar dan sebagainya untuk situs geratisan. Awalnya dapet tutorial dari sini. Nah, kalo dibaca, tentu disana ada Joomla-nya, tapi kalopun ga mau pake Joomla, pengen pake CMS yang lain atau pengen pake hasil karya sendiri, itu mah terserah aja.

Jadi, gimana nih untuk daftar situs geratisan ini? Langkahnya adalah gini,

  1. Sign up di cc.co, ketik deh domain yang diinginkan, nanti dia akan cek availability (ketersediaan) domain kita, kalo udah ada yang pake ya kita harus pilih alternatif lain, jangan bandel! Ga akan mempan. Buat yang belum tau domain, domain tuh nama situs kita, misal domain saya itu adalah http://www.esa-pg.web.id dst.
  2. Setelah check availibility, maka isi lengkap data yang dibutuhkan disana. Then, akan masuk ke “manage domain”. Klik deh “Setup”. Wait till here, ok.
  3. Sign up di 000webhost. Nah, klo co.cc itu adalah untuk dapetin domain, disini kita bisa dapetin domain dan hosting sekaligus. Tapi biar agak kerenan dan banyak belajarnya, kita cuma pake hostingannya aja. Hosting itu semacam “Rumah” untuk nyimpen berkas file situs kita.
  4. Isi data-datanya, dan untuk yang baru, pilih “I want to host my own domain”, lalu masukkanlah domain yang tadi dibuat, misal http://www.esa-pg.co.cc. Nanti akan ada konfirmasi ke email mengenai aktifasi di webhost itu. Sekaligus ngasih tahu DNS 000webhost untuk kita masukin ke co.cc tadi.
  5. Dari kedua pendaftaran kan bakal ada konfirmasi ke email, jadi email harus udah dibuka dong *jangan pura-pura ga tau deh*
  6. Nah, abis itu, pindahin lagi ke co.cc, klik di pilihan satu “Manage DNS”, masukkan DNS yang dikasih webhost ke field yang tersedia. Lalu tekan setup.
  7. Waktu tunggu sampe aktif adalah 48 jam, jadi sekitar 2 hari. *Jadi domain sy belum bisa diakses 😆 *

Hehe, segitu dulu..maaf kalo berantakan. Kalo butuh bantuan, YM OL dari senin-Jumat jam 9-17 insyaALLAH. Atau lewat komen juga bisa :mrgreen:

Iklan

One thought on “Situs Geratisan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s