Alhamdulillah..Footer

Hmm..sejujurnya sa lagi merasa bersalah sama sang proyek manajer.

Tapi setelah stuck berhari-hari, sore ini baru kepikiran index.php. Sebelumnya sa ngerjain kerjaan untuk site kantor, akhirnya kepikiran bikin footer.php untuk menambahkan footer ke situs kantor. Baru kepikiran bada shalat ashar hari ini, kemungkinan besar untuk nambah banner di site klien tinggal bikin modul atau semacamnya yang baru. Trus di-include ke file dimana footer.php nya juga di-include.

Mulanya iseng nyari file footer.php dan component banner. Dapet lah semuanya. Sa otak-atik sedikit tentang footer itu, dan akhirnya bisa merubah footer.phpnya dengan sedikit modifikasi itu. Akhirnya nyari file yang ada footer.php nya, dan bukan suatu kebetulan bahwa semua file yang ada footer.php nya adalah include_once. Sa tambahin satu file yang sa buat sendiri dengan sekadar skrip <?php echo “tes untuk include footer”; ?> dan tau? Berhasil. Alhamdulillah. Footer ga ada lagi tulisan Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License. karena sa ubah jd komen untuk pernyataan itu di skripnya, jadi ga akan ditampilkan. Subhanallah. Shalat selalu menghasilkan inspirasi tiada batas!

Ada yang sa lupa, semua file include footer itu ada di index.php nya template, bukan index.php nya Joomla! itu sendiri. Sa sempet buka index.php yang klo di lokal alamatnya “C:\xampp\htdocs\situs\index.php” dan ga ada kata-kata include footer.php. Sempet mau nyerah, ALLAH ngasih tanda bahwa sa harus nyari file berisi footer.php itu di semua yang ada di situs itu. And I got it!! Tinggal klo untuk situs klien, harus masuk cpanel untuk merubah itu semua..atau bisa ngga harus masuk cpanel ya. Let’s see..

Iklan

6 thoughts on “Alhamdulillah..Footer

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s