Alhamdulillah, Job Review

Alhamdulillah, setelah hari ini dari pagi ber-BT-BT ria sampe sekarang ketika menulis ini yang akhirnya mengganggu kerja juga dikit tapi kerjaan insya ALLAH bisa memenuhi target, yakni besok selesai sampai tahap testing. Seharian nyari tahu komponen apa aja yang dibutuhin, gimana installnya, dan menentukan pilihan plus download pada akhirnya.

Jadi gini, atasan sa minta di site tuh ada gallery untuk foto, multilingual baik untuk site maupun RSS. Sehari sebelumnya juga udah ngasih tau, dan sempet nyari n donlod, tapi kerja hari ini baru efektif bada zhuhr. But it’s all down, tinggal besok rencananya mau setting komponennya n testing tentunya. Oya, maaf sa lagi ngomongin site yang didevelop mempergunakan CMS Joomla 1.0.15. Ketika kemaren donlod, ada versi 1.5.x ga tau, sa belum tau bedanya yang pasti pasti beda. Dirilis pada periode yang sama berarti keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, tul ga? But, khawatir malah mandeg dan memperhatikan versi Joomla yang sempet dipake, maka dipilihlah versi 1.0.x terbaru yakni 1.0.15.

Untuk gallery akhirnya sa pake RSGallery2, untuk multilangual sa pake Joom!Fish, dan untuk RSSFeed multilangual sa pake Kusoma *jangan salah, ini buatan orang Jerman, bukan orang Indonesia meski nama komponennya ngindo banget*. Bi-idznillah, sa dapet banyak bantuan dan kemudahan. Alhamdulillah, forum Joomla Indonesia banyak membantu. Dan Bang Google tentunya yang bantuin searching random :mrgreen: . Oops, hampir lupa, extension Joomla banyak nyediain komponen untuk Joomla *ya iya lah*, salah satunya yang sa butuhin, bahasanya.. Di sana terdapat kumpulan komponen tambahan plus dikelompokkan ke kategori tertentu berdasarkan jenis kebutuhan, ada search nya segala. Lengkap deh 😛

Yang lucu tuh, sa instal semua komponen itu *satu-satu tentunya* sa ga bisa, aslina. Selama berapa jam sa searching ga nemu yang cocok juga, ternyata gampang sodara *tapi anehnya sebelumnya kok ga bisa ya?*. Tinggal di back end *itu loh yang namadomain.com/administrator.php, dalemnya lah istilahnya mah* pilih menu Installer >> Component, trus nanti ada untuk upload, klik aja tombol “Browse”nya, trus cari filenya, trus upload langsung yang file .zip nya, atau file .gz-nya. Then, tulisan “Upload component – Success” itu akan muncul. Siip lah!! Alhamdulillah.

One thought on “Alhamdulillah, Job Review

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s