Logaritma

Hmm..inget kejadian kemaren, pagi-pagi ga biasanya ade sa yang bungsu ga merengek-rengek gara-gara dijailin sama kakaknya *adik sa yang cowo*, dan ternyata ada sesuatu yang lagi dikerjain sama adik sa itu, ngerjain PR. Sa tau karena dia nanyain cara nyelesein soal yang dia ga bisa, dan tau ga itu soal apa? Matematika, dan lebih seneng lagi karena itu soal tentang.. LOGARITMA.

Salah satu bab yang masih “nerap” sampe sekarang adalah tentang logaritma itu. Jadi ceritanya gini, adik sa nanyain soal logaritma…

1/2log 1/8

Karena waktu itu yang kepikiran adalah konsep alog b/c = alog b – alog c, jadi aja kepikiran sama sesuatu yang rumit, konsep a/blog c/d tu gimana..sa buka tuh semua buku Matematika yang ada logaritmanya. Nemu? Nemu sih tapi itu mah bahasannya bukan lagi pure (murni) logaritma.

Baru setelah beberapa kali mikir, baru deh kepikiran..jawabannya simple, sesimple soalnya

1/2log 1/8 = 1/2log (1/2)3 = 3. 1/2log 1/2 = 3 . 1 = 3

inget kan konsep alog bc = c . alog b

inget juga konsep alog a = 1

Berarti simpel kan jawabannya? Iya, makanya klo mikir tuh dalam kehidupan jangan mikir yang rumit dulu. Iya sih seperti yang sa alami *termasuk waktu dalam mata kuliah algoritma pemrograman* karena terlalu sering diberi sesuatu yang rumit, jadi kita cenderung memikirkan sesuatu yang rumit dulu..padahal jawabannya simple banget loh.

5 thoughts on “Logaritma

  1. weehhh …
    pusing amatt Logaritma tuh .
    gmna sii .
    biar ngertti .
    gg msugh” otak .
    hrii tes Lgii .
    da Logaritma.a !
    do’ain iia .
    smga bsa ngrjain.a .
    amin =) .

    Suka

  2. Wah… pinter algoritma juga nih rupanya.
    *memohon menjadi murid*

    maaf..salah kasih judul, harusnya logaritma, bukan algoritma..
    Klo soal algoritma, sebenernya harus kuat di logika matematika gituh.. alhamdulilllah, klo algoritma yang biasa mah bisa, tp klo yang lain..blm tau 😛

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s