Moderator Milis

Tulisan ini sa bikin, karena hari ini sa baru aja diamanahi sebagai moderator di milis rumah ilmu. Awalnya sa juga memang diamanahi jadi moderartor milis pustena, yang disana tuh kerjaannya ya cuma memonitor dan approve atau reject anggota yang daftar. Eh, pas tadi diamanahin sama kang reza *ownernya*, ternyata modi *begitu beliau menyebut moderator* di milis ini selain approve or reject soal keanggotaan ada pake acara approve or reject dan edit pesan yang masuk juga. Tadi karena rada deg-degan sama tugasnya, ya sa jujur aja sama beliau..akhirnya setelah keanggotaan sa diubah jadi modi, datanglah beberapa pesan yang harus di-approve *otomatis begitu ada pesan baru masuk*. “Nah, ini sebagai tes untuk esa, saya dan mbak endah *modi yg lain* sepakat untuk menjadikan pesan itu sebagai tugas pertama esa.”..dan meski sambil nanya-nanya ke kang reza nya, sambil rada deg-degan juga “klo ada yang salah, langsung benerin ya” gitu pesen sa..
Tapi keuntungan yang sa dapet, karena harus approve..sa udah baca duluan. Dan semakin nambah pengetahuan sa..karena untuk membaca pesannya bukan lagi pilihan melainkan sudah menjadi keharusan. Itu kelebihan modi..
Dan dari sini sa belajar juga, ternyata seorang moderator tuh bener-bener bertanggung jawab sama milis *atau apapun yang dimoderatotinya* yang dikelolanya. Wah..amanah yang cukup gede gituh. Awalnya sa bingung sama tugas moderator karena ya seperti yang sa bilang di awal..cuma memanaje keanggotaan, ternyata seorang modi juga harus bisa mengarahkan milisnya agar sesuai bahasan atau tujuan atau targetan yang ingin dicapai sama milis tersebut…
Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s