Aisha Azkiya

Beranda Pikiran dan Rasa ^-^

Kalo Modem Panas?

Hai sobat. Udah lama nih ga blogging, ga internetan juga. Kangen. Selain diminta harus fokus ke kehamilan pertama ini, juga karena ada kendala lain.

Tapi sekarang I’m back. Langsung bahas modem? Tak apa kan?

Kali ini berkaitan dengan modem seperti yang dialami tepat pada hari ini. Padahal sebelumnya pernah dipake begadang tapi kok kali ini modem panas banget ya? Temen-temen pernah ngalamin ga?

Dapet ilmu ini dari sob-ku, Neneng Zizah. Pake fan atau pake air.

Pake air? Yup. Bukan modemnya direndem air, tapi dikompres. Gimana aja klo kita lagi demam, kompres deh. Caranya masukin air ke plastik (jangan lupa plastiknya diiket dl) trus timpa deh tuh modem pake air dalam plastik itu alias dikompres. Lumayan efektif buat meredam panasnya modem. Jadi ga perlu pake obat penurun panas (heh?)

Pake heatsink bekas di kedua sisi modem juga bisa jadi cara efektif buat nurunin demam si modem.

Kenapa modem panas itu mesti dihindari? Menurut beberapa situs..

  1. Karena bisa memperpendek umur modem karena cepet rusak.
  2. Koneksi internet jadi lambat atau putus-putus.

Kenapa bisa panas? Karena kegiatan yang dilakukan oleh si modem itu sendiri. Ada yang tau singkatan modem? MODulator DEModulator. Itu singkatannya. Dipake untuk aktifitas informasi seperti akses data.

Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan.

Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima, sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Nah, kegiatan si modem nyari sinyal jadi penyebab kenapa modem panas karena bekerja keras. Makanya baiknya simpen deket jendela. Klo dulu kita simpen deket jendela biar dapet sinyal, itu ternyata bukan cuma mitos tapi emang ngebantu kinerja si modem buat dapetin si sinyal. Dan bagaimanapun suhu ruangan ga ngaruh kata pakarnya mah. Mau di ruangan AC atau ngga, tetep aja klo dalem ruangan modem sinyalnya kehalang sama dinding dkk.

Pesan sang pakar, jangan dipake nonstop untuk transmisi data karena pada dasarnya barang elektronik memang tidak dibuat untuk hal seperti itu. Temen-temen ga salah paham kan? Klo sekadar nyolokin modem k laptop atau kompie sih ga masalah, tapi jangan dipake transmisi data alias surfing terus.

Ada tulisan bagus di Koran Jakarta. Klik aja.

Btw.. Hmm.. ternyata gini ya tampilan WP 3.0. Hehe.. [baru buka lagi WP]

About these ads

12 responses to “Kalo Modem Panas?

  1. ameliaway Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 08:27:56

    Tips yang menarik. selama ini sy blm tahu kalo ada akibat bila modem menjadi panas. makasih ya
    Salam

    • Esa Sabtu, 17 Juli 2010 pukul 20:57:04

      hehe.. sama-sama.
      iya, kemaren sy juga mikirnya sama.. gapapa mungkin. kayak hape klo kelamaan dipake kan suka panas.
      cm karena sy suka majang status di YM, akhirnya si sob komentar tentang itu trus googling deh :D
      Syukur klo bermanfaat.
      Salam kenal.

  2. specol Selasa, 20 Juli 2010 pukul 12:19:24

    wah bagus itu…saya baru kali ini ketemu link yang bahas akibat kalo modem jadi panas….selama ini modem saya selalu kepanasan krn di pakai surfing yang lama….

    • Esa Senin, 23 Agustus 2010 pukul 07:18:42

      Iya, klo modem mobile memang untuk mobile yang tidak diperuntukkan surfing “24 jam”. Namanya mobile kan kadang-kadang aja.. klo mo aman browsing alias internetan ya pake modem yang kyk speedy gt ^^

  3. lesly Kamis, 22 Juli 2010 pukul 10:04:30

    ogt ya sa, masuk juga ke pikiran saya yang awam ini hehehe
    makasi ya

    btw, selamat untuk kehamilannya, semoga lancar

  4. tio papua Sabtu, 25 Juni 2011 pukul 08:49:04

    modem panas… bisa juga karena upgrade firmware… maunya sih biar dapet 7,2 MB ehh malah modem cepet panas.. karena memang modem standard tidak untuk 7,2 MB… so jangan keburu upgrade bila resikonya modem jd cepat panas or rusak..

  5. bowo' Kamis, 13 Oktober 2011 pukul 19:55:07

    Wah, sangat membantu!.perlu dicoba nih!.

  6. idebeda Jumat, 16 November 2012 pukul 06:15:50

    ada solusi yg lebih kerren dan bikin tetep gaya, lebih simple juga.. ini coba cek TKP-nya http://www.idebeda.com/main/em-bozz-pendingin-modem-3/

  7. fandy Rabu, 13 Maret 2013 pukul 21:33:07

    aq setuju idenya teh,,,,,tp aq bwt yg pke kipas(fan) trus modemnya di taruh di pendingin bekas amplifier(alumunium) kemudian modem dikasih seng trus di baut..trus atsnya dikasih kipas,,dgn mnggunakan usb kabel,,,lumayan membantu kinerja modem,,apalagi q pke smartfren cpt bgt overhead,,,,sinyal stabil,,trus ganti DNS modem,,,,,,

  8. Esa Minggu, 21 April 2013 pukul 20:40:26

    Sip sip.. Dpt tambahan ilmu nih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.428 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: